Kamis, Maret 31, 2016

Capacitive Sensor, Pengertian dan Prinsip Kerjanya

Pengertian Capacitive Sensor (Sensor Kapasitif)

Pengertian Capacitive sensor via https://en.wikipedia.org/wiki/Capacitive_sensing
Capacitive sensor adalah sebuah teknologi yang didasari oleh rangkaian kapasitif yang dapat mendeteksi dan mengukur segala apapun yang bersifat konduktif atau dielektrik.
Banyak jenis sensor yang menggunakan sensor kapasitif ini diantaranya sensor untuk mengukur jarak, posisi atau pemindahan, kelembaban, level cairan, dan percepatan. Perangkat antarmuka manusia yang berdasarkan sensor kapasitif, seperti trackpads, yang bisa menggantikan fungsi mouse komputer. pemutar audio digital, telepon genggam dan tablet komputer yang menggunakan sensor kapasitif sebagai perangkat input. Sensor kapasitif juga bisa menggantikan tombol mekanik.

Touchscreen, salah satu aplikasi sensor kapasitif
Touchscreen

Prinsip Kerja Capacitive Sensor Pada Layar Sentuh Smartphone

Prinsip kerja layar sentuh via http://sains.me/mengenal-cara-kerja-layar-sentuh
Layar kapasitif dilengkapi dengan sebuah lapisan pembungkus berbahan indium tinoxide yang dapat meneruskan arus listrik secara kontinyu untuk kemudian ditujukan ke sensornya. Tidak seperti teknologi layar sentuh resistif, teknologi ini bekerja dengan apa saja yang mengandung muatan listrik, termasuk kulit manusia, karena kulit manusia terdiri dari atom dengan muatan positif dan negatif. Layar kapasitif terdiri dari layar kapasitif permukaan dan layar kapasitif proyektif. Layar kapasitif permukaan menggunakan sensor di sudut-sudutnya dan sebuah film tipis yang disebarkan secara merata di seluruh permukaan. Sedangkan layar kapasitif proyektif menggunakan jaringan listrik yang membentuk baris dan kolom dengan chip terpisah sebagai sensornya. Ketika jari menyentuh layar, muatan listrik kecil ditransfer ke jari sehingga menyebabkan penurunan tegangan yang dicatat oleh sensor pada sudut layar. Software kemudian menerjemahkan penurunan tegangan sesuai dengan perintah yang diberikan. Inilah sebabnya mengapa layar kapasitif tidak bekerja ketika kita memakai sarung tangan, karena kain tidak menghantarkan listrik.

Prinsip Kerja Sensor Kapasitif
Prinsip Kerja Sensor Kapasitif


Nah, untuk lebih jelasnya teman-teman simak video berikut ini ya, tapi perhatikan dengan seksama bagian sensor kapasitifnya :)


Desain Sensor Kapasitif

Sensor kapasitif dirancang dari berbagai media yang berbeda , seperti tembaga , Indium timah oksida (ITO) dan tinta cetak. Sensor tembaga kapasitif dapat diimplementasikan pada PCB FR4 standar serta pada bahan fleksibel. ITO memungkinkan sensor kapasitif menjadi 90 % transparan (untuk satu solusi lapisan , seperti layar sentuh ponsel) . Ukuran dan jarak dari sensor kapasitif keduanya sangat penting untuk kinerja sensor.

Kesimpulan

Touchscreen kapasitif lebih responsif daripada touchscreen resistif (sensor ini harus disentuh lebih kuat ketimbang kapasitif). Nah, jadi banyak keuntungan bila kita menggunakan sensor kapasitif salah satunya pada pembahasan kita hari ini, yaitu pada teknologi layar sentuh.

"Bagilah ilmu yang kau punya, walau satu ayat"


EmoticonEmoticon